Apa Itu Google AdSense?

Google AdSense Images

Secara singkat, AdSense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh Google, dimana para pemilik website, forum ataupun blog dapat memasang iklan tersebut di website mereka dan mendapatkan pendapatan tambahan. Iklan yg muncul ada bermacam-macam jenisnya, boleh berupa teks, gambar, bahkan video; namun yg pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut dipasang. Perhatikan contoh gambar berikut:

Seluruh iklan disimpan di server milik Google sendiri, sehingga kita tidak perlu menyediakan ruang khusus di server kita untuk AdSense, ataupun meng-upload file-file tertentu. Cukup dengan memasukkan code JavaScript yg diberikan pada halaman web/blog kita saja kita sudah dapat menikmati paparan iklan AdSense di web/blog kita.

AdSense Code Images

Bagaimana Kita Mendapatkan Wang?

Seperti disebutkan di atas, dengan memasangkan iklan AdSense di web/blog, pemilik web/blog memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Bagaimana caranya?

Tidak susah. Apa yg perlu anda, sebagai pemilik web/blog, lakukan adalah menunggu (dan berdoa) agar ada pengunjung yg meng-klik iklan2 tersebut. Ya, cukup dengan meng-klik saja, otomatis Anda, sebagai publisher AdSense, akan mendapatkan sejumlah wang yg nilainya berdasarkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Meskipun ada faktor2 lain yg mempengaruhi, secara umum, bahagian yg diperolehi publisher adalah 20% dari nilai bid.

Perlu diingat, klik yg dihitung hanyalah klik2 yg dianggap valid. Anda tidak dibenarkan untuk melakukan klik terhadap iklan milik anda sendiri atau pun menyuruh orang lain meng-klik iklan anda. Detail peraturan Google AdSense dapat Anda baca di sini.

Setelah anda mendaftarkan diri di Google AdSense dan diterima, Anda akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk mengenerate code iklan yg diperlukan, juga terdapat halaman Report yg mencantumkan perolehan pendapatan Anda beserta jumlah klik yg didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info2 penting lainnya. Perhatikan gambar berikut:

AdSense Report Images

Bagaimana Pembayarannya?

Pembayaran akan dilakukan 30 hari setelah total pendapatan Anda dalam satu bulan mencapai minima $100. Jadi apabila bulan May ini Anda memperoleh $100, maka pendapatan anda tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Jun. Untuk Malaysia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut. Dan sekarang kita sudah boleh menerima pendapatan melalui Western Union dan ianya lebih cepat dan mudah.

Jika menggunakan pos, waktu pengiriman biasanya paling cepat adalah 20-25 hari (tergantung lokasi anda). Sedangkan, jika menggunakan DHL, cek akan anda terima dalam waktu 2-3 hari kerja. Jangan lupa, Anda akan dicaj sebanyak USD24 jika Anda memilih menggunakan sistem Express Delivery, dimana bayaran tersebut automatiknya akan dipotong dari pendapatan google anda.

Bagaimana Potensi Pendapatannya?

Tidak terbatas! Banyak publisher AdSense yg telah memperoleh ribuan bahkan puluhan ribu dollar sebulan. Di Malaysia sendiri, publisher AdSense dengan pendapatan ribuan dollar sebulan sudah bukan hal yg aneh lagi.

Meskipun berpotensi untuk meraih pendapatan yg besar dan bahkan tidak terbatas, berbisnes Google AdSense tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua tetap perlukan usaha dan waktu yg mungkin tidak sedikit.

So, tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan mulalah memasuki dunia bisnes internet melalui Google AdSense. Semoga Berjaya.

0 comments: